RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MIN Nglawu
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : 1 (satu)/ I (Satu)
Pertemuan ke : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar
Kompetensi : 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar: 1.1. Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan
lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, toleransi
dan percaya diri.
I.
Tujuan Pembelajaran**
- Siswa
dapat melakukan gerak dasar lokomotor
v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin (Discipline)
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness )
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.
Materi Ajar ( Materi Pokok ):
-
Gerak dasar lokomotor
III. Metode Pembelajaran :
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Praktek
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan
Awal :
Apresepsi/ Motivasi
ü
Siswa dibariskan menjadi empat barisan
ü
Mengecek kehadiran siswa
ü
Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
ü
Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
ü
Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/ dipelajari
B.
Kegiatan
Inti :
ü
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru :
·
Berjalan ke depan, belakang, samping langkah panjang dan langkah
pendek
·
Berjalan dengan ujung kaki dan tumit
·
Berlari ke depan, ke belakang, dan ke samping
·
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran,
·
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan lapangan
ü
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru :
·
Melakukan geakan berlari dengan langkah panjang dan pendek dengan
keberanian ( Bravery )
·
Melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang dan kesamping
·
Melakukan gerakan melompat dengan satu kaki atau dua kaki
ü
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memeberikan penguatan dan penyimpulan
C.
Kegiatan Akhir/ Penenangan
Dalam kegiatan akhir, guru :
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
V.
Alat dan Sumber Belajar :
§ Buku
Penjaskes kls. 1
§ Diktat
permainan bola kecil
§ Pluit
VI. Penilaian :
Penilaian dilaksanankan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Melakukan gerakan berjalan dengan berbagai arah
dan langkah
·
Berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang
·
Melakukan gerakan berlari keberbagai arah
·
Melakukan gerakan lari bervariasi
·
Melakukan gerakan melompat ke berbagai arah
·
Melakukan variasi gerakan melompat
|
Test (Individu)
|
Test ketrampilan
|
· Praktekkan
gerakan berjalan dengan berbagai arah dan langkah
· Bagaimanan
cara berjalan dengan kaki bagian depan dan belakang
·
Praktekkan gerakan berlari keberbagai arah
·
Praktekkan gerakan lari bervariasi
·
Praktekkan gerakan melompat ke berbagai arah
·
Praktekkan variasi gerakan melompat
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
PRODUK
( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*Semua benar
*Sebagian
besar benar
*Sebagian
kecil benar
*Semua salah
|
4
3
2
1
|
PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*Pengetahuan
*Kadang-kadang
Pengetahuan
*tidak
pengetahuan
*aktif Praktek
*kadang-kadang
aktif
*tidak aktif
*sikap
*kadang-kadang
sikap
*tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor maksimal )x 10
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remidial
Mengetahui,
Kepala Sekolah
MI N Nglawu Guru
Mapel PJOK
Warsito, S.Ag Oka Irmade, S.Pd
NIP.19670310
1994 031 004 NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MIN Nglawu
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
1 (satu)/ I (Satu)
Pertemuan ke : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar
Kompetensi : 1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan
sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi
Dasar: 1.2. Mempraktikkan gerak dasar memutar, mengayun
ataupun menekuk dalam permainan
sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, toleransi dan percaya diri.
I.
Tujuan Pembelajaran**
- Siswa
dapat melakukan gerak dasar non lokomotor
v Karakter siswa yang diharapkan :
Disiplin (Discipline)
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility)
Ketelitian ( carefulness )
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.
Materi Ajar ( Materi Pokok ):
-
Gerak dasar non lokomotor
III.
Metode Pembelajaran :
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Praktek
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran :
A.
Kegiatan
Awal :
Apresepsi/ Motivasi
ü
Siswa dibariskan menjadi empat barisan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar